Curahan Hatiku

Hari ini adalah hari terakhir jelang deadline untuk presentasi materi tesisku. :)
Aku tuh baru nyadar ternyata nyari ide itu susah ya.
beruntung punya mama seorang guru matematika yang kreatif :), dengan sedikit bincang-bincang dengan mama melalui :), akhirnya sedikit demi sedikit ide itupun tiba.
Yes :)
Thank you mama :) YOU ARE THE BEST deg pokoknya..

Akhirnya, aku memutuskan untuk menerapkan apa yang menjadi permasalahan yang dihadapi mama ketika mengajar. Ternyata, siswa itu mengalami kesulitan dalam melakukan operasi bilangan bulat negatif dan positif. Berangkat dari ide bermain kartu dikaitkan dengan ini dan itu, akhirnya kuputuskan untuk melakukan penelitian dan mengaplikasikan design research ku di kelas 4 SD. :)

Kalau ada yang bertanya, mengapa harus di SD sih penelitiannya? :)
Jawabannya sederhana saja, hal ini sesuai dengan prinsip penerapan PMRI yaitu “bottom-up”.
di PMRI siswa diajak untuk menemukan kembali (reinvention) apa itu matematika. Nah, untuk menemukan sesuatu diperlukan pemikiran yang kritis, dan mental yang tak hanya ingin menerima alias disuapin materi aja, tapi juga mampu menciptakan, alias menemukan rumusan sendiri.

Pekerjaan membina mental yang demikian tersebut, akan lebih baik dan lebih mudah jika dididik sejak kecil. Intinya adalah pembiasaan. Kalau siswa tidak biasa dari kecil untuk berpikir kritis, mampu memberikan argumentasi, mampu aktif dalam diskusi, dan berani mengungkapkan mana yang benar dan salah, yakin deh.. kedepannya pasti susah. :)

salah satu karakter pelajar Indonesia adalah tidak mampu berargumentasi. Kalau untuk pengetahuan dan kepintaran, tidak diragukan lagi deh pintarnya siswa-siswi kita. Tapi, kalau urusan ngomong di depan kelas, wah… pada ciut deh nyalinya. :).

Menurutku, hal ini bisa terjadi karena banyak faktor yang mempengaruhi seperti: continue reading

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s