Coba Bagi Secara Adil Kue Tart Ini


Pernahkan anda melihat lambang Yin-Yang? Lambang ini sering ditaruh di atas pintu masuk rumah orang Tionghoa. Jika belum pernah melihat, carilah bendera negara Korea. Di tengah bendera terdapat lingkaran. Lingkaran itu mempunyai garis lengkungan (seperti bentuk ombak/sinusoid) yang membagi bulatan itu menjadi dua.


Andaikan ada kue tart dengan pola seperti di atas, dimana sisi berwarna kue dilapisi dengan coklat, sedang sisi yang putih dilapisi dengan White Chocolate. Lezat bukan!. Bagaimana cara membagi kue menjadi 4 dengan porsi yang adil (sama besar), dimana terdapat dua rasa white chocolate yang memberikan sensasi manis dan sedikit pahit dan dua rasa white chocolate yang manis dan lezat?

Kue Tart White Chocolate dan Black Chocolate

Jawaban :
Jika diamati lengkungan itu tidak lain adalah lingkaran dengan diameter ½ jari-jari kue tart dengan sumbu garis horisontal. Buatlah lingkaran yang sama pada dengan sumbu garis vertikal dan (beda 90°) dari sumbu garis horisontal. Hasilnya diperoleh 2 kue coklat dan 2 kue vanila yang bentuk sama namun tidak beraturan.

2 thoughts on “Coba Bagi Secara Adil Kue Tart Ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s