Laporan Observasi ke-5 di SD Negeri 119 Palembang

Naik Kereta Api dari Bandung ke Surabaya

Belajar Penjumlahan dengan Teknik Tanpa Menyimpan dan Teknik Menyimpan Pada Dua Buah Bilangan Puluhan dan Tiga Buah Bilangan Puluhan

 di Kelas II/c SD Negeri 119 Palembang

Oleh : Dwi Afrini Risma (NIM: 20112812009)

e-mail: dwiafrinrisma@ymail.com

Mahasiswa IMPoME 2011

A.    Pendahuluan

Pada tanggal 23 September 2011 dan 27 September 2011 dilakukan pembelajaran penjumlahan dengan teknik tanpa menyimpan dan dengan teknik menyimpan. Pembelajaran yang dilakukan dalam dua pertemuan ini, berlangsung selama +50 menit pada pertemuan pertama, dan +100 menit pada pertemuan kedua. Proses pembelajaran ini diikuti oleh seluruh siswa kelas II/c SD Negeri 119 palembang yang berjumlah 20 orang. Pada pertemuan pertama pembelajaran dibawakan oleh penulis dan Dewi Hamidah, sementara pada pertemuan kedua, proses pembelajaran hanya sampaikan oleh penulis. Dalam dua pertemuan ini, penulis mencoba mengulangi konsep penjumlahan dengan teknik tanpa menyimpan dan mengenalkan teknik penjumlahan dengan teknik menyimpan pada bilangan puluhan melalui pendekatan metode PMRI, yakni dimulai dengan msalah yang sesuai dengan konteks pembelajran dan membiarkan siswa sendiri yang menemukan konsep penjumlahan dengan teknik menyimpan tersebut, sedangkan guru bertindak sebagai pembimbing.

 B.     Tujuan

Tujuan dilakukannya observasi ini adalah agar siswa dapat melakukan penjumlahan bilangan puluhan dengan teknik menyimpan melalui pendekatan PMRI.

 C.    Latar Belakang Penelitian

Latar belakang peelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana efek pembelajaran dengan pendekatan PMRI terhadap pemahaman siswa dalam melakukan operasi penjumlahan pada dua buah dan tiga buah bilangan puluhan dengan teknik menyimpan.

Untuk membaca lanjutannya silakan klik Naik Kereta Api dari Bandung ke Surabaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s