Laporan Observasi Ke- 4 di SD Negeri 119 Palembeng

“Berbelanja di Toko Aksesoris Upin dan Ipin”

Belajar Melakukan Operasi Penjumlahan pada Bilangan Ratusan dengan Teknik Tanpa Menyimpan dan Teknik Menyimpan di Kelas II/c SD Negeri 119 Palembang

Oleh : Dwi Afrini Risma (NIM: 20112812009)

e-mail: dwiafrinrisma@ymail.com

Mahasiswa IMPoME 2011

 A.      Pendahuluan

Pada tanggal 11 Oktober 2011 dilakukan pembelajaran penjumlahan bilangan ratusam dengan teknik tanpa menyimpan dan dengan teknik menyimpan. Pembelajaran yang dilakukan dalam satu pertemuan ini, berlangsung selama +100 menit pada pertemuan kedua. Proses pembelajaran ini diikuti oleh seluruh siswa kelas II/c SD Negeri 119 palembang yang berjumlah 20 orang. Pada pertemuan proses pembelajaran sampaikan oleh penulis dan Dewi Hamidah. Dalam pertemuan ini, penulis mencoba mengingatkan kembali konsep nilai tempat bilangan ratusan mengenalkan teknik penjumlahan tanpa dan dengan teknik menyimpan pada bilangan ratusan melalui pendekatan metode PMRI, yakni dimulai dengan msalah yang sesuai dengan konteks pembelajaran dan membiarkan siswa sendiri yang merumuskan konsep penjumlahan dengan teknik menyimpan tersebut, sedangkan penulis dan rekan bertindak sebagai pembimbing.

 B.       Tujuan

Tujuan dilakukannya observasi ini adalah agar siswa dapat melakukan penjumlahan bilangan ratusan tanpa dan dengan teknik menyimpan melalui pendekatan PMRI.

 C.      Latar Belakang Penelitian

Latar belakang peelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana efek pembelajaran dengan pendekatan PMRI terhadap pemahaman siswa dalam melakukan operasi penjumlahan pada bilangan ratusan dengan teknik menyimpan.

Untuk Membaca lanjutannya silakan download file-nya di Berbelanja di Toko Aksesoris Upin dan Ipin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s