Sosok Wanita Inspiratif Minggu Ini

Kali ini saya ingin sedikit bercerita tentang sosok wanita yang kembali membakar semangat saya dalam belajar dan meraih cita-cita, yang jujur saja sudah mulai mengendur. Saya memberikan judul “Sosok Wanita Inspiratif Minggu Ini” pada artikel ini, dengan harapan bahwa ke depannya nanti, saya akan bertemu dengan sosok wanita-wanita tangguh lainnya, dan berharap bahwa suatu saat ini saya mampu menjadi salah satu di antaranya, semoga saja. Tokoh-tokoh yang akan saya hadirkan nantinya merupakan sosok yang saya anggap inspiratif menurut versi saya. Jadi jika ada sosok yang dari segi narasi yang saya sampaikan ataupun prestasi yang berhasil mereka raih kurang inspiratif menurut pembaca, harap dimaklumi. Walau bagaimanapun, wanita-wanita ini layak mendapatkan apresiasi atas prestasi, perjuangan dan manfaat yang mereka hadirkan pada orang-orang yang ada di sekitar mereka.

Terlepas dari carut-marut isu penggelapan dana pembangunan mess atlit untuk ajang ASEAN Games yang akan diselenggarakan di Palembang, November 2011 nanti dan segala hiruk-pikuk dunia perpolitikkan di Palembang, kehadiran sosok pemimpin wanita ini patut diacungi jempol dan memberikan inspirasi pada kaum wanita dan para akademisi. Kisahnya dapat dijadikan teladan bahwa seorang wanita mampu terus berkarya dan meraih kesuksesan di dunia kariernya dengan segala konsistensi terhadap peran sebagai istri, ibu rumah tangga, dan sebagai nenek dari seorang cucu. Siapa kah dia?

Berangkat dari profesi dari seorang guru pada tahun 1982 di salah satu SD Musi Banyu Asin, Desa Cinta Manis Sumatera Selatan, ibu Dra. Rusmawati, M.Si memulai kiprahnya dalam dunia pendidikan hingga saat ini menjadi kepala sekolah SD Negeri 119 Palembang. Beliau saya kategorikan sebagai sosok teladan pertama, karena dari wawancara yang semula bertujuan untuk menggali informasi tentang penerapan pendekatan pembelajaran matematika dengan metode PMRI di sekolah yang saat ini sedang beliau pimpin, saya mendapatkan cerita luar biasa tentang beliau dan segenap kemajuan dan prestasi sekolah yang telah berhasil diraih sekolah sejak berada di bawah kepemimpinan beliau dari guru-guru, rekan kerja beliau.

Pada kesempatan ini, saya ingin bercerita tentang sederetan prestasi yang berhasil diraih sekolah dan cerita tentang sederetan aktifitas yang beliau kerjakan ditengah kesibukan beliau sebagai kepala sekolah dan sebagai seorang ibu. Diakui oleh rekan kerja beliau, Ibu Hj. Evawati, S.PdI, di bawah tangan dingin beliau, sekolah  yang semula dikenal sebagai sekolah yang cukup memprihatinkan berangsur beralih imej menjadi sekolah yang patut diperhitungkan. Ibu dua orang anak yang memiliki motto isilah hidup dengan berkarya sepanjang hayat yang bermanfaat dan bisa dikenang sepanjang zaman ini, selalu berpandangan jauh ke depan dalam mewujudkan visi dan misi SD Negeri 119 Palembang. Cita-cita beliau tak hanya sekedar cerita isapan jempol belaka, hal ini terbukti dengan sederetan prestasi gemilang dan kemajuan yang berhasil diraih siswa-siswa di sekolah ini.

Ide-ide segar dari beliau seperti membina jiwa enterpreuner siswa dengan memanfaatkan sampah menjadi barang yang mempunyai nilai ekonomis tinggi melalui kegiatan 3R (Reduce, Reuse, Recyle) telah berhasil mengantarkan sekolah ini menjadi Juara I Lomba Karya Inovatif berbahan daur limbah se-Palembang tahun 2011. Melalui kerjasama yang apik dan kerja keras di antara guru sebagai pembimbing dan siswa sebagai pelaku utama, dibawah naungan wadah ekstrakurikuler koperasi, kegiatan 3R ini telah berhasil menjual beberapa produk seperti kompos cair, hiasan bunga, dan lain-lain.

“Alasan kita mengajarkan siswa untuk ber-enterpreuner sejak dini adalah diharapkan kedepannya setelah menyelesaikan pendidikan di bangku sekolah, siswa diarahkan untuk menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif, dengan demikian mereka tidak hanya berpangku tangan ingin menjadi Pegawai atau bawahan saja, tetapi mampu menciptakan lapangan kerja dan memperkerjakan orang lain”, jelas alumnus jurusan IPS Tarbiyah IAIN tersebut.

Guru memiliki predikat tersendiri atas perjuangannnya, yaitu pahlawan tanpa tanda jasa karena guru dianggap terbukti mampu menciptakan generasi penerus bangsa dan tanpa mengenal waktu. Selain itu, di tangan gurulah kemajuan, keberhasilan suatu Negara akan terwujud. Terkait hal tersebut, Istri dari Ami Alman, A.Md ini menyadari bahwa sesungguhnya untuk mewujudkan cita-cita bangsa yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa bukan pekerjaan yang mudah dan mengingat kemajuan zaman khususnya di bidang pendidikan yang berlangsung begitu pesat. Oleh karena itu menurut beliau para tenaga pendidik harus ikut memperkaya dan memperluas pengetahuannya yang dapat dilakukan dengan banyak cara baik itu dengan cara membaca, turut berpartisipasi aktif dalam berbagai event tertentu, berbagi cerita dengan sesama rekan kerja, memperluas pergaulan, bahkan dengan belajar di bangku pendidikan yang lebih tinggi.

Di balik kesibukan aktifitasnya sebagai kepala sekolah, ternyata wanita yang sempat bertugas di SD Negeri 27 Pontianak Timur, Kalimantan Barat dan SD Negeri 117 Sako, Palembang ini, tidak melupakan pentingnya peran beliau sebagai istri, orangtua, dan anggota dari suatu komunitas masyarakat. Hal ini dibuktikan beliau dengan keaktifan beliau pada beberapa organisasi masyarakat. Tak hanya itu, kesibukan dan rutinitas beliau ternyata tidak menutupi kesempatan beliau untuk melanjutkan studi di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Pada tanggal 12 September 2011 yang lalu beliau baru saja menyelesaikan pendidikan di STISIPOL Candra Dimuka pada jurusan MAP dengan judul tesis “Implentasi Pedidikan Anak Putus Sekolah di Palembang” yang menjadi pengobat rasa haus akan ilmu pengetahuan dan keinginan beliau untuk selalu memberikan yang terbaik untuk orang lain.

Di akhir sesi wawancara dengan beliau, iseng-iseng saya bertanya kepada beliau, “buk, sekiranya ada kesempatan untuk melanjutkan studi S3 di luar negeri, apakah ibu masih menyanggupinya?”. Ibu dari dua anak ini kemudian menjawab dengan mantap, “Jika suami mengizinkan, saya sanggup”

Untuk melihat biografi lengkap beliau, silakan klik disini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s